• MTSN 5 NGAWI
  • MADRASAH HEBAT BERMARTABAT

Profil

           Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ngawi yang merupakan salah satu Madrasah Tsanawiyah Negeri Favorit di Kab. Ngawi berdiri pada tahun 1961 namun masih berstatus swasta dengan nama PGA Diponegoro yang berlokasi di gedung BKIA jalan Raya Paron No. 87 desa Paron. Pendirian PGA Diponegoro di prakarsai oleh Bapak Supardi, BA selaku Ketua Yayasan Diponegoro.

        Pada tahun 1967 PGA Diponegoro berubah status menjadi Madrasah Negeri dengan Nama MTsAIN dengan kepala Madrasah Bapak Supardi, BA. Pada tahun 1978 MTsAIN di relokasi menempati tanah milik Yayasan STITI Paron dengan kepala Bapak Drs. Maliki. Pada Tahun 1997 MTsAIN paron berubah nama kembali menjadi MTsN Model Paron sekaligus di relokasi kembali menempati tanah milik negara yang beralamat di Jalan Raya Paron No. 1 Paron sampai sekarang. Dan selanjutnya pada tahun 2000 berubah nama kembali menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Paron. Pada tahun 2018 resmi berubah nama menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ngawi dengan status Akreditasi A.

     Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ngawi adalah lembaga pendidikan umum ditingkat menengah pertama, yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama yang mempunyai ciri khas dibidang pemahaman agama Islam, memiliki potensi sangat besar untuk menjadi salah satu keunggulan akademik dan nonakademik. Hal itu sesuai dengan visi yang diembanya yakni terwujudnya insan berkualitas tinggi dalam Iptek yang religius dan humanis.

        Ditinjau dari kelembagaan Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ngawi mempunyai tenaga akademik yang handal dalam pemikiran, memiliki manajemen yang kokoh yang mampu menggerakkan seluruh potensi untuk mengembangkan kreativitas civitas akademika, serta memiliki kemampuan antisipatif masa depandan proaktif. Selain itu Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ngawi memiliki pemimpin yang mampu mengakomodasikan seluruh potensi yang dimiliki menjadi kekuatan penggerak lembaga secara menyeluruh. Semenjak resmi beralih fungsi sebutan Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ngawi, madrasah ini telah mengalami 11 masa kepemimpinan, yaitu :

  1. Supardi, BA                      : 1967 s.d 1970 & 1971 s.d 1076
  2. Maliki                               : 1971 s.d 1971
  3. Sulthonu Na’im, BA           : 1976 s.d 1978
  4. Laman, BA                       : 1978 s.d 1983
  5. Suhud                              : 1983 s.d 1990
  6. Ramin                              : 1990 s.d 2000
  7. Mulyono, M.Ag                  : 2000 s.d 2004
  8. Maghfudzi, M.Pd.I             : 2004 s.d 2008
  9. Choliq, M.Pd.I                   : 2008 s.d 2010
  10. M. Bisri Musthofa, M.Pd     : 2010 s.d 2016
  11. Mustafid, M.Pd.I                : 2016 s.d sekarang

        Di bawah kepemimpinan ke sebelas orang di atas, Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ngawi Kab. Ngawi menunjukkan peningkatan kualitasnya. Dan kita berharap dengan semakin bertambah usia, semakin mampu memberikan sumbangan yang terbaik bagi kemajuan Iptek yang didasari oleh kemantapan Imtaq.

          Namun demikian, kami menyadari bahwa tantangan dan tanggung jawab kami dalam dunia pendidikan kedepan tidak mudah sehingga kami harus senantiasa merapatkan barisan guna mempersiapkan diri menjadi bagian dari learning community yang diperhitungkan dalam mengantarkan civitas akademika Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ngawi khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk menjadi semakin baik, berkualitas, dan memiliki keunggulan kompetitif dalam bidangnya.

         Seiring dengan waktu madrasah ini terus melakukan upaya peningkatan mutu. Salah satu bentuk upaya peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ngawi adalah pengembangan sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ngawi .

         Dengan adanya program tersebut, madrasah bisa meningkatkan bentuk pelayanan pendidikan kepada seluruh siswa; baik yang reguler, cerdas istimewa maupun bakat istimewa; sekaligus bisa mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki oleh siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ngawi hingga saat ini berjumlah 1081 Siswa.

         Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) sebenarnya merupakan jawaban dari terhadap semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh dunia pendidikan sekaligus menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pendidikan .

       Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pendidikan tersebut, Madrasah diharapkan memiliki alternatif dan kebijakan / langkah yang dapat diterima oleh masyarakat.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi

VISI MADRASAH BERAKHLAQ MULIA, DEDIKATIF, INTELEK, TERAMPIL DAN PEDULI LINGKUNGAN   MISI MADRASAH DISIPLIN DALAM KERJA, MEWUJUDKAN MANAGEMEN KEKELUARGAAN, KERJA SAMA, PELAYANAN PRI

24/06/2021 10:18 - Oleh Administrator - Dilihat 391 kali